Sunday, December 19, 2010

iPhone 4 Sebagai Vlogging Device

iPhone 4

Saat mencoba pertama kali, saya bisa menobatkan iPhone 4 sebagai the ultimate vlogging device. Kemampuannya mengambil video sudah sangat cukup untuk ukuran 'perangkat genggam': 720p (half HD). Tapi yang membuat saya jatuh cinta adalah kemampuannya saat melakukan paska produksi & publikasi. Record, snap, quick edit, upload.

Paska produksi: iMovie for iPhone
Sejauh pengalaman saya (yang terbatas), ini aplikasi video editing yang terbaik untuk ukuran perangkat genggam. Interfacenya sangat finger-friendly - saya menyebutnya finger-editing - semua dilakukan dengan jari. Dibanding saudaranya iMovie for Mac - app ini tidak memiliki feature layers timeline, tidak ada color-correction atau audio adjustment. Walau begitu, iMovie for iPhone cocok untuk editing offline atau video blogging. Apalagi update terbaru sudah dilengkapi feature CUT clip - (sebelumnya hanya bisa TRIM clip, sangat tidak praktis untuk memotong clip panjang.)
Dari iMovie, video bisa di-export dalam 3 pilihan ukuran yaitu 720p, 540p & 360p. Berguna buat kaum dhuafa bandwith.

Broadcasting
Ada banyak cara untuk upload video. Bisa dari iMovie langsung ke YouTube atau email ke TwitVid. Ada keterbatasan saat upload video via email: maksimal durasi yang bisa dikirim hanya 1 menit. Lebih dari 1 menit harus di-trimming.
Solusinya menggunakan TwitVid app for iPhone, gratis & tidak ada limit durasi/size. Dalam hitungan menit, jika kecepatan internet cukup manusiawi, saya sudah bisa publish vlog saya.

Archiving
Satu kata: iPhoto. Konsistensi integrasi hardware software produk Apple membuat saya tidak bisa lepas dari iPhoto ini. Bukan masalah kemudahan import data dari device saja, tapi juga kemudahan mengelola arsip dokumentasi pribadi. Buat ada merekam video jika tidak bisa dilihat atau dipakai untuk blogging 10 tahun kemudian?

Ada banyak pilihan vlogging handheld device di luar sana, terutama dari barisan Android OS smartphone atau Nokia N8. Semua menawarkan kecanggihan hardware, namun bagi saya yang terpenting adalah experience-nya dan iMovie for iPhone adalah jawaban bagi software experience yang saya cari: Record, snap, quick edit, upload.

Berikut contoh video-video yang saya rekam & edit di iPhone 4.

Arwen berangkat sekolah


Lari pagi


Bus trip


Neo & kijang


Shawarma

No comments: