Sunday, July 02, 2006

Kampanye Politik Era Eighties

Gue tidak ada niatan politik apa pun dalam mem-publish rekaman video suasana kampanye politik di tahun 1987 ini. Gue cuma berpikir - saat menonton kembali rekaman video 8 gue ini - betapa bersemangat-nya orang-orang saat itu berkampanye, toh yang menang partai itu-itu juga. Suasana Jakarta nan terik panas berubah jadi ajang tontonan - menonton & ditonton - arak-arakan manusia ber'kampanye'. Masyarakat di pinggir jalan, yang sudah pasti masa bodoh dengan maksud kampanye tersebut, turut bersenang-senang seolah mengelu-elukan para pelaku kampanye yang berarak keliling kota menggunakan semua sarana transportasi dari motor, mobil pribadi, bajay (buset, ini bajay umurnya sudah 20-an tahun donngg??) sampai dengan metro mini bodol. ABG-nya juga ngga ketinggalan, teteup dengan cengdem dan rambut blow-nya. Ngga lupa iringan musik nge-ces (treble) dari sound system. Gue jadi heran, ini kampanye atau ngeceng?

Karena ada momen seperti itu, kesempatan buat gue untuk iseng belajar membuat reportase video. Saat itu gue ditugasi sama guru SMA (gue masih kelas 1) untuk membuat semacam laporan dalam bentuk video tentang kegiatan kampanye politik saat itu. Akhirnya jadi berani malu bin pede shooting video di tengah keramaian dengan bekal Sony Video 8. Video yang gue publish ini pun sama dengan apa yang gue pertontonkan ke guru gue. Hasilnya.. yaa.. lumayan laaaaa... namanya juga jurnalis amatiran. Silakan menikmati suasana kampanye politik tahun 80-an, era eighties, era lintas melawai, era ngeceng.








quality="high" width="320" height="256" name="movie" type="application/x-shockwave-flash" pluginspage="http://www.macromedia.com/go/getflashplayer">




Note : this video hosted in BLIP.TV.
Untuk format QuickTime movie klik gambar ini.



Download QuickTime for free



Kategori :
Documentary, Video Report, Video Journalist

No comments: