Tuesday, May 23, 2006

1977 dalam 8mm

1977, bokap lagi hobi main film 8mm. Dengan berbekal kamera film Nikon R10 Super 8mm (tercanggih masanya) segala hal direkam termasuk saat gue (7 th) dan adik gue, Dono (5 th) & Iwan (3 5h) masih piyik. Rumah kami masih di gang Kubis nan sempit di daerah Blok A. Saat itu, kalau ada orang bawa kamera masih jadi bahan kerumunan orang apalagi di daerah perumahan gang kecil.

10 tahun kemudian, gue iseng pasang projector 8mm dan diproject ke tembok untuk direkam dengan Handycam Sony V8. Hasilnya lumayanlah, daripada mesti proses telecine di laboratorium.

29 tahun berikutnya dengan bantuan peralatan yang lebih canggih (dibanding tahun 1977 lalu) dan thanks to internet, gue iseng digitize kaset V8-nya dan hasilnya published seluruh dunia.

Kadang masih suka amaze sendiri kalau sudah lihat rekaman ini. Takjub, haru, senang, 'nglangut', terkesima campur aduk jadi satu. Kalau sudah begini, yang namanya dokumentasi jadi sangat bermakna dan tak ternilai bagi sejarah keluarga kami. Sayang direkam tanpa suara.



Catatan : Audio dengan video akan tidak sinkron jika menemui masalah kecepatan koneksi.

preview : 8mm 1977

Untuk download QuickTime movie MPEG 4, klik di sini (file size = 4,6 mb)


Download QuickTime for free



Kategori :
Documentary, Raw material, Video, Vlogging

No comments: